Oleh: sheihna | April 29, 2012

Air Terjun Iguazu

Air terjun Iguazu, di Sungai Iguazu, adalah salah satu air terjun terbesar di dunia. Air terjun ini membentang lebih dari 2.700 m dalam bentuk setengah lingkaran. Dari 275 air terjun yang jatuh yang secara kolektif membentuk Air terjun Iguassu, “Tenggorokan Setan” adalah yang tertinggi dengan ketinggian 80 m. Air terjun Iguazu terletak di perbatasan antara negara bagian Paraná, Brazil dan provinsi Misiones, Argentina dan dikelilingi oleh dua Taman Nasional (BR/ARG). Keduanya hutan hujan subtropis yang merupakan tempat tinggal ratusan spesies flora dan fauna langka dan terancam punah.

Salah satu keajaiban alam yang dinyatakan menang oleh The New Seven Wonders Foundation (N7W) pada 11 November 2011 adalah Iguazu Falls (air terjun Iguazu) berlokasi di Sungai Iguazu, di perbatasan antara Negara Bagian Paraná di Brasil dan Provinsi Misiones di Argentina.

Dalam tulisan ini saya tidak berbicara tentang N7W dengan semua hal yang berkaitan dengan pengumuman pemenang dari tujuh keajaiban dunia alam versi mereka itu. Kecuali satu, yakni di situs pariwisata resmi Air Terjun Iguazu baik dari Argentina, maupun Brasil,  tidak ada satu pun yang menyinggung nama N7W, maupun menempel logo N7W di situs-situsnya.

Di situs www.iguazuargentina.com, misalnya, sampai hari ini, tidak disinggung sedikitpun nama dan logo N7W. Sebaliknya dengan UNESCO. UNESCO yang telah menyatakan Air Terjun Iguazu itu sebagai salah satu “World Heritage”, Warisan Alam, pada 1984, disinggung, dan logonya dicantumkan.

Di brosur-brosur promosi Taman Wisata Iguazu ini juga ada mencantumkan nama dan logo UNESCO. N7W, tidak.

Apakah artinya ini? Artinya nama N7W tidak ada tempatnya bagi mereka. Bahkan mungkin nama itu juga tidak dikenal oleh pengelola Air Terjun Iguazu, sebagaimana masyarakat di sekitar “markas besar” N7W di Zurich, Swiss, yang juga tidak tahu-menahu tentang nama dan kegiatan N7W itu.

Yang saya mau tulis di sini adalah catatan kecil pengalaman pribadi saya ketika pada Mei 2010 lalu berkesempatan berwisata di Taman Nasional Iguazu. Salah satu bagian wisata saya beserta rombongan di kawasan Amerika Serikat bagian Selatan, Argentina, dan Brasil.

Nama Iguazu disebutkan/ditulis dalam tiga versi di Argentina dan Brasil yang bahasa sehari-harinya bahasa Spanyol dan Portugis itu; Selain Iguazu, juga dipakai sebutan Iguassu, dan Iguaçu. Cataratas do Iguaçu, artinya Air Terjun Iguazu dalam bahasa Portugis.

Sungai Iguazu, lokasi dari Air Terjun Iguazu adalah sebuah sungai yang sekaligus berfungsi sebagai tanda perbatasan antara Argentina dengan Brasil.

Air terjun ini dapat dibandingkan dengan Air Terjun Niagara di perbatasan antara Negara Bagian Amerika Serikat New York dengan Provinsi Kanada Ontario. Bahkan sebetulnya Air Terjun Iguazu lebih besar dan unik daripada Air Terjun Niagara. Air Terjun Niagara mencapai ketinggian maksimum  51 meter, sedangkan Air Terjun Iguazu mencapai ketinggian maksimum 82 meter, dengan jarak lebar terjauh adalah 2,7 km.

Keunikan khas Air Terjun Iguazu yang tidak dimiliki air terjun besar lainnya yang serupa adalah dia bersusun dua, dengan ukuran besar dan ketinggian yang hampir sama. Jadi, ada air sungai Iguazu yang jatuh berupa air terjun raksasa ke bagian sungai di bawahnya dengan ketinggian sekitar 60 meter sampai dengan 80 meter. Kemudian mengalir deras untuk kemudian jatuh lagi ke bagian sungai di bawahnya lagi dengan lebar dan ketinggian hampir sama. Membentuk pemandangan yang sangat indah. Terutama ketika dilihat dari jauh, baik melalui sungai di bawahnya, maupun melalui udara.

Ya, pemandangan menakjubkan Air Terjun Iguazu ini bisa disaksikan selain dari sisi dua negara: Argentina dan Brasil, juga bisa dilakukan dengan tiga cara: melalui darat, yakni dengan berjalan kaki sampai ke jembatan khusus persis di sisi air terjunnya. Melalui sungainya, dengan menggunakan perahu khusus (speed boat), dan melalui udara dengan menggunakan helikopter. Dengan helikopter hanya ada di Brasil.

Grup wisata kami pertama kali mengunjungi sisi Argentina.

Lokasi ini berada sekian kilometer dari Buenos Aires. Saya lupa berapa jam waktu tempuh dengan menggunakan bus dari Buenos Aires. Mungkin sekitar 3 jam.

Di lokasi taman wisatanya, untuk mecapai lokasi air terjun dengan pemandangan terbaik adalah memasuki kawasan yang disebut dengan nama Garganta del Diablo, atau “Tenggorokan Setan”. Karena bentuknya mirip tenggorokan setan.Sangat kelihatan kalau dilihat dari udara,  kata pemandu wisata kami, . Entah kenapa pakai embel-embel “setan”. Apakah mereka pernah melihat setan punya tenggorokan? J

Untuk mencapai lokasi itu, ditempuh dengan menggunakan kereta, namanya Kereta Ekologis Rainforest,  menempuh perjalanan sejauh 1.100 meter. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 600 meter. Setelah sampai di tepi sungai, ada jembatan besi untuk pejalan kaki membentang di atas sungai sepanjang sekitar 500-1.000 meter lagi untuk sampai di lokasi air terjun tersebut; tiba di Garganta del Diablo.

Di sinilah kita menyaksikan pemandangan yang sangat luar biasa dariAir Terjun Iguazu ini. Dari atas jembatan kita langsung melihat ke bawah dengan jarak hanya sekitar 1-2 meter pemandangan yang sangat menakjubkan sekaligus mengerikan itu. Dengan suara air yang menderu-deru memekakkan telinga, dan hempasan raksasa air yang jatuh dari ketinggian 80-an meter. Saking kerasnya hempasan air terjun ini naik sampai melewati ketinggian permukaan sungai di atasnya. Secara berkesinambungan yang abadi hempasan itu membentuk pemandangan putih seperti kabut yang menutup pemandangan air terjunnya. Kemudian agak reda lagi, naik lagi, begitu seterusnya. Dasar sungai sama sekali tidak kelihatan.

Konon kabarnya, beberapa tahun lalu, pernah ada seorang remaja perempuan yang bunuh diri dengan meloncat ke dalam air terjun iu. Tim SAR memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk menemukan jenazahnya, yang sudah terbawa air sejauh sekitar 70 km dari lokasi!

Copyright @ 2012

By New7Wonders & wisata.kompasiana.com

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: